Selasa, 13 Desember 2011

By : Afrizal(-7ScA-) 9D/03                                                                                                                                                                                                        © JogjaHolic®
e-mail : v.ijangw@gmail.com                                                                                                                                                                                                   © SMP N 1 SLEMAN®
Cara Memperoleh Sambungan Internet

Penyambungan Internet melalui ISP

A.                 Menginstal Modem Diap Up Pada Windows XP :

1.       Klik Start > Control Panel
2.       Klik 2x ikon Phone and Modem Option jika bingung, klik Switch to Classic View di panel sebelah kiri
3.       Pada tampilan berikutnya, klik Tab Modem. Lalu klik tombol Add.
4.       Agar windows mendeteksi modem yang kamu gunakan, jangan check kotak di sebelah kiri opsi  Don’t detect my modem, I will select from a list. Namun jika kamu tak ingin windows mendeteksi langsung modem kamu, check kotak tersebut lalu klik Next.
5.       Setelah modem dideteksi, klik Next. Klik Finish untuk mengakhiri prosedur install modem. Modem telah terinstal di komputermu.
6.       Jika pada modem tertentu prosedur intalasi ini gagal, kamu harus membaca buku panduan yang disertakan saat pembelian modem tersebut dan mencari jawabannya di sana. Ada juga modem yang langsung terdeteksi oleh windows ataupun langsung bisa digunakan secara instan.

B.                 Menginstal Dial Up Networking Pada Windows XP :

1.       Klik Start > Control Panel.
2.       Klik Network and Internet Connections > Network Connections.
3.       Jendela New Connection Wizard akan terbuka. Klik tombol Next > pilihlah Connect to the Internet dan klik tombol Next > pilih Set up my connection manually lalu Next > pilih Connect using a dial-up modem klik Next.
4.       Pilih connect using dial-up modem lalu next, ketik D~Net dalam ISP name dan klik next.
5.       Ketik nomer dial-up D~Net pada field Phone Number (pilihan nomor akses : 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Klik next. Pilih “anyone’s user” dan klik next
6.       Ketiklah User name  dan Password dengan benar dan klik tombol next
7.       Centang pilihan add a shortvut to this connection to my desktop jika kamu ingin menampilkan shortcut pada desktop. Lalu klik finish.
8.       Jendela Network Connection akan terbuka kembali dengan tambahan iko D~Net di dalamnya, ikon tersebut juga muncul di desktop.
9.       Klik start > Connect to > D~Net dan kotak dialog Connecting D~Net akan terbuka lalu klik properties
10.   Pastikan pilihan modem sesuai dengan modem yang digunakan pada field Connect Using (jika belum ada, pastikan modem telah terinstal sesuai drivenya.
11.   Ketiklah nomor dial-up D~Net pada field Phone Number (pilihan nomor akses : 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Biarkan kosong pilihan Use dialing rules, klik configure. Centang semua pilihan yang tersedia kecuali show terminal wondow. Pilih Maximum speed (bps) ke 57600 kemudian OK.
12.   Klik Tab Networking. Pilih PPP: Windows 95/98/NT4/200.Internet pada pilihan Type of dila-up server I am calling. Sorot pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP) dan klik properties. Centang Internet Protocol (TCP/IP), QoS Packet Scheduler. Klik OK
13.   Kembali jendela Connection D~Net terbuka . Klik tombol cancel. Setting Dial-Up Networking  untuk koneksi Dial-Up telah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar